Minggu, 25 Maret 2018

Belajar Praktis MS-Excel 2007


BELAJAR PRAKTIS

MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL 2007
BELAJAR PRAKTIS


            \



DI SUSUN OLEH :
DESMAN ZEBUA





Untuk Kalangan Sendiri









BUDI UTOMOCOMPUTER
Jl. Pelud Binaka Km.13.5 Desa Tuhegeo I
GUNUNGSITOLI










MICROSOFT EXCEL 2007

Microsoft Excel merupakan salah satu program aplikasi yang terdapat dalam Microdoft Office. Aplikasi ini dirancang dan dibuat untuk membantu mengelola data angka. dan sering juga disebut Spreadsheet. Beberapa feature atau fasilitas yang dimiliki oleh Ms-Excel antara lain menghitung, membuat tabel, membuat grafik, menyusun data dan berbagai fungsi-fungsi lainnya.
1.   Cara mengaktifkan Microsoft Excel.
System Microsoft Excel dapat diaktifkan dengan beberapa cara yaitu :
a.   Menggunakan Menu
1. Start atau Windows Button
2. All Program
3. Microsoft Office
4. Microsoft Excel 2007 atau Microsoft Excel 2010
b.   Menggunakan Menu
1. Start atau Windows Button
2. Microsoft Excel 2007 atau Microsoft Excel 2010
c.   Menggunakan Icon Ms Excel di Desktop
1. Arahkan Pointer pada icon Ms Excel di Desktop
2. Tekan Tombol Mouse 2 kali berturut-turut (Double click)nnnn

Maka lembar karja (Worksheet) aktif dilayar.

2.   Layar Kerja (Worksheet)

Layar kerja Microsoft Excel telah dirancang sedemikian rupa, sehingga tampilannya bagaikan tabel-tabel yang terdiri dari kolom (Columns) dan baris-baris (Rows). Kolom-kolom (Columns) terdiri dari Kolom A, B, C, D, …, sedangkan baris-baris (Rows) terdiri dari baris 1, 2, 3, 4, ….




Contoh :
 









Setiap perpotongan kolom dan baris dinamakan Cell. Di dalam satu cell dapat diisi satu butir data. Misalnya, Perpotongan kolom C dengan baris 5 dinamakan Cell C5 Setelah satu cell diisi dengan   satu butir data maka cell tidak dapat diisi  kembali dengan data lainnya karena data  pertama akan terhapus manakala data baru diisi pada cell  yang sama .Gabungan dari beberapa cell dinamakan Range,dan penulisannya dapat dilakukan dengan cara memberikan titik dua (:) diantara alamat cell awal dengan alamat cell akhir.
Contoh  :     Range dari kolom B baris 2 sampai kolom  D baris 5 maka penulisannya adalah B2 : D5 (dibaca range B2 sampaiD5)

3.   Mengisi Lembar Kerja.
Untuk mengisi setiap lembar kerja MS-Excel dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu:
1.   Mengetik dari Keyboard (Entry).
Sebelum mengentry data dalam satu cell terlebih dahulu arahkan pointer pada cell yang diinginkan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan tombol tombol tanda panah atau menggunakan pointer mouse. Kemudian data tersebut diketik dan dienter.
2.   Meng-Copy.
Data yang sudah ada pada satu cell atau Rumus untuk mendapatkan satu nilai dalam satu cell dapat disalin pada cell yang lain.
3.   Memindahkan (Move)
Data yang terdapat disatu cell dapat dipindahkan ke cell yang lain atau work sheet yang lain.



Praktek I : 1. Daftar Stock Barang.

2.  Menghilangkan Garis latar belakang layar kerja
a. Home
b. Word Option / Option
c. Advanced
d. Hilangkan tanda √ pada Show Gridlines
e. Ok
3.  Memberi Garis tabel
a. Block Range dari Cell A3 sampai Cell G14
b. Home
c.   Format
d.   Format Cells
e.   Border
f.    Pilih letak garis yang diinginkan pada kotak Preview
g.   Ok
4.   Mengetengahkan Judul
a.   Block dari Cell A1 sampai Cell G1
b.   Home
c.   Merge & Center



 BERHITUNG DI WORKSHEET
MICROSOFT EXCEL

Salah satu keunggulan dari system Ms-Excell  adalah tersedianya feature atau fasilitas yang mudah dalam melakukan pengolahan angka (berhitung).Operasi hitung dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain :
1.   Akses Langsung.              
Suatu cara penggunaan fasilitas berhitung yang mirip seperti penggunaan kalkulator, angka yang akan dihitung diketik bersama dengan operator hitung yang dibutuhkan.. ikuti langkah berikut :
a.   Tempatkan pointer pada cell yang  diinginkan.
b.   Ketik data yang dihitung (diolah) dimulai dengan tanda sama dengan (=)
Contoh  :     =1000*5                                          =100000-25000
=89/9                                              =5^3
=(5+2)*3                                          =2000+4000+5000
2.   Akses Alamat Cell
Cara ini dilakukan setelah data-data yang dibutuhkan diketik dan disusun di layar kerja Ms-Excell. Kemudian alamat-alamat cell data tersebut dijadikan variable dari data di dalamnya. Sehingga penulisan data secara berulang-ulang dapat dihindari, dan juga penulisan Rumus tidak perlu  diulang manakala ada pemutahiran data.


Contoh :
            A                       B               C                 D
     1                              LAPORAN PENJUALAN
     2      Nama        JUMLAH             HARGA             TOTAL
     3      Diskette                        5                       6000    =B3*C3
     4      Mouse              2                      80000   =B4*C4
     5      Ribon                4                      12000   =B5*C5
     6                      GRAND TOTAL                   =D3+D4+D5


 3.   Akses Fungsi.
     Selain dari dua cara diatas, berhitung dapat juga dilakukan dengan menggunakan fungsi yang  telah disediakan oleh para pengembang system MS-Excell. Fungsi ini merupakan penyederhanaan dari proses berhitung sehingga para pemakai tidak diharuskan mengingat semua.rumus-rumus metematika, tetapi cukup dengan menempatkan data ke dalam fungsi yang sudah disediakan.
     Contoh :
            =SUM(D3:D5)          Dapat digunakan untuk menghitung
                                             GRAND TOTAL atau
            =AVERAGE(D3:D5)    Untuk menghitung harga rata-rata.
Praktek  II   :     1. Laporan Penjualan.
2.   Untuk menghitung Total Penjualan Perorang lakukan dengan cara Akses Alamat Cell. Contoh : =C6+D6+E6+F6
3.   Untuk menghitung jumlah penjualan perbulan lakukan dengan cara Akses Fungsi. Contoh : =SUM(C6:C10)










 PENATAAN LAYAR KERJA
DAN ISI CELL


1.   Merobah Lebar Kolom
a. Pilih atau Block Kolom
b. Home
c. Format
d. Column Width
e. Ketik ukuran lebar kolom yang dibutuhkan. Contoh : 4
f. Ok
2.   Merobah Tinggi Baris
a. Pilih atau Block Baris
b. Home
c. Format
d. Row Heigth
e. Ketik ukuran tinggi baris yang dibutuhkan. Contoh : 20
f. Ok
3.   Menyisip Kolom Kosong
a. Pilih atau Block Kolom
b. Home
c. Insert
d. Insert Sheet Column
4.   Menyisip Baris Kosong
a. Pilih atau Block Baris
b. Home
c. Insert
d. Insert Sheet Row
 5.   Menghapus Kolom
a. Pilih atau Block Kolom
b. Home
c. Delete
d. Delete Sheet Column
6.   Menghapus Kolom
a. Pilih atau Block Baris
b. Home
c. Delete
d. Delete Sheet Rows
7.   Penataan isi cell.
Setiap data item yang berada dalam satu cell dapat ditata sesuai dengan kebutuhan.
a. Mengatur arah tulisan.
a.1.    Tempat pointer pada cell yang diinginkan .
a.2.    Home
a.3.    Format.
a.4.    Format Cells.
a.5.    Aligment.
a.6     Pilih arah tulisan yang diinginkan pada Degrees. Contoh : 90
a.7.    Ok.
b.   Teks turun kalau melebihi lebar kolom
b.1.    Tempatkan pointer pada cell yang diinginkan
b.2.    Home
b.3.    Format
b.4.    Format Cells
b.5.    Aligment
b.6.    Berikan tanda √ pada Wrap text
b.7.    Ok


c.   Mengatur pemisahan angka.
c.1.    Tempat pointer pada cell yang diinginkan.
c.2.    Home
c.3.    Format
c.4.    Format Cells
c.5.    Number
c.6.    Number
c.7.    Pada Decimals tentukan berapa digit dibelakan titik decimal
c.8.    berikan tanda √ pada Use 1000 separatos (,)
c.9.    Ok

Praktek III,IV,V,VI: c.   Mengatur pemisahan angka.





MENGELOLA DATA WAKTU DAN
DATA TANGGAL

Pengetikan data waktu dan data tanggal harus memenuhi standar  system computer yang sedang aktif. Hal ini disebabkan karena setiap negara memiliki standar yang berbeda-beda. Terutama dalam format penulisan waktu dan tanggal. Disini disajikan standar dan format penulisan waktu dan tanggal international (international standard).
Pengetikan data waktu dengan format : HH:MM:SS
Contoh : 09:45:17 atau 21:45:17
Pengetikan data tanggal dengan format : MM/DD/YYYY
Contoh : 08/14/2014
Pada contoh diatas telihat bahwa data waktu diketik 2 digit angka jam, kemudian titik dua, dua digit angka menit kemudian titik dua, dan terakhir dua digit angka detik.
Sedangkan pada data tanggal terlihat bahwa dua digit angka bulan diikuti tanda garis miring, dua digit angka tanggal diikuti tanda garis miring dan diakhiri empat digit angka tahun.
Setelah data waktu dan data tanggal diketik pada layar karja, kemudian dapat saja dirobah formatnya sesuai kebutuhan local atau Negara masing-masing,dengan printah sebagai berikut :
1.  Penataan data tanggal.
     a.     Tempat pointer pada cell yang diingikan.
     b.     Home
     c.     Format
     d.     Format Cell
     f.      Date
g.     Pada Local (Location)pilihlah nama Negara Indonesia
h.     Pada Type pilihlah format tanggal yang diinginkan contoh : 14 Maret 2001
     i.      OK.
2.  Penataan data waktu.
     a.     Tempat pointer pada cell yang diinginkan.
     b.     Home
     c.     Format
     d.     Format Cell
     e.     Number
     f.      Time
g.     Pada Local (Location) pilihlah nama Negara Indonesia
h.     Pada Type pilihlah format tanggal yang diinginkan contoh : 14 Maret 2001
     i.      Ok

Praktek VII dan VIII : Data Waktu dan Data Tanggal.

3.  Fungsi Waktu
=HOUR(Cell)
Fungsi yang berguna untuk menyalin atau menggunakan angka Jam yang ada dalam suatu cell dengan isi data waktu ke cell atau rumus yang ada di cell pointer.
=MINUTE(Cell)
Fungsi yang berguna untuk menyalin atau menggunakan angka menit yang ada dalam suatu cell dengan isi data waktuke cell atau rumus yang ada di cell pointer.
=SECOND(Cell)
Fungsi yang berguna untuk menyalin atau menggunakan angka detik yang ada dalam suatu cell dengan isi data waktuke cell atau rumus yang ada di cell pointer.
4. Fungsi Tanggal
=DAY(Cell)
Fungsi yang berguna untuk menyalin atau menggunakan angka tanggal (angka 1 sampai 31) yang ada dalam suatu cell dengan isi data tanggalke cell atau rumus yang ada di cell pointer.
=MONTH(Cell)
Fungsi yang berguna untuk menyalin atau menggunakan angka bulan (angka 1 sampai 12) yang ada dalam suatu cell dengan isi data tanggal ke cell atau rumus yang ada di cell pointer.
=YEAR(Cell)
Fungsi yang berguna untuk menyalin atau menggunakan angka tahun yang ada dalam suatu cell dengan isi data tanggal ke cell atau rumus yang ada di cell pointer.




MENGELOLA DATA STRING

Secara umum data dikelompokan dalam beberapa jenis yaitu :
1. Data jenis Character
2. Data jenis Numeric
3. Data jenis Date
4. Data jenis logical
Data berjenis character, unsur-unsurnya dapat berupa huruf a-z, A-Z, 0-9, atau symbol-simbol. Akan tetapi walaupun unsur-unsurnya 0-9, kalau data tersebut berjenis character tetap tidak dapat dihitung secara langsung kecuali dikonversi terlebih dahulu menjadi data numeric.
Data berjenis numeric adalah data yang unsur-unsurnya 0-9. Data beerjenis numeric inilah yang dapat dihitung secara langsung. Data numeric terdiri dari dua kelompok yaitu angka Integer (angka bulat) dan angka Rell (bilangan pecahan).
Data berjenis date atau berjenis tanggal, unsur-unsurnya dapat berupa a-z, A-Z, 0-9, atau symbol, tetapi data berjenis tanggal dapat dihitung secara langsung melalui pengelolaan data tanggal.
Data berjenis logical, adalah data yang berisi TRUE atau FALSE
Fungsi string adalah fungsi yang dirancang untuk mengelola data berjenis character.
=LEFT(Cell;N)
Fungsi yang menyalin atau menggunakan sebanyak N huruf isi suatu Cell dari sebelah kiri ke cell atau rumus yang ada di cell pointer.
=RIGHT(Cell;N)
Fungsi yang menyalin atau menggunakan sebanyak N huruf isi suatu Cell dari sebelah kanan ke cell atau rumus yang ada di cell pointer.
=MID(Cell;M;N)
Fungsi yang menyalin atau menggunakan sebanyak N huruf isi suatu Cell di tengah terhitung mulai posisi ke M dari sebelah kiri ke cell atau rumus yang ada di cell pointer.
=VALUE(Cell)
Fungsi yang mengkonversi data character menjadi data numeric sihingga dapat dihitung.
Praktek IX dan X :


MENG-COPY

Fasilitas meng-copy sangat bermanfaat untuk mempercepat penyelesaian satu pekerjaan, apalagi kalau data atau rumus yang sama digunakan berulang-ulang. Meng-copy dapat dilakukan dengan dua pengertian yaitu :
1.   Meng-copy data yaitu meng-copy data yang sama dari satu cell ke cell lain tanpa perobahan.
2.   Meng-copy rumus yaitu meng-copy cara kerja yang ada pada satu cell untuk dilakukan pada cell lainnya. Hal ini tentu akan menghasilkan nilai yang berbeda.

Langkah kerja meng-copy :
1. Pilih cell sumber peng-copy-an
2. Crtl + C 
3. Pilih cell atau range hasil peng-copy-an
4. Crtl + V atau Enter




FUNGSI LOGIKA IF

Fungsi Logika IF merupakan salah satu fungsi yang tersedia di dalam system MS-Excell, untuk membantu penyelesaian pengolahan data-data bersyarat.
=IF(kondisi ; argument true ; argument false)
Syarat-syarat yang ditentukan  diletakkan  pada posisi kondisi dengan menggunakan persamaan atau pertidaksamaan , seperti =,>,<>=, <=,  <>. Sebuah kondisi akan menghasilkan satu nilai yaitu benar atau salah. Dan dari nilai tersebut diputuskan proses mana yang akan dikerjakan. Apabila kondisi menghasilkan nilai Benar maka  Argument True yang diproses sedangkan Argumen False diabaikan. Begitu juga sebaliknya apabila kondisi bernilaiSalah maka Argument False dikerjakan sedangkan Argument True diabaikan.

                                                    

                                                                                                                                                            
Penggunaan fungsi IF dapat dibuat bertingkat seperti berikut :
=IF(Kondisi;Agument true;if(Kondisi1;Argument true;Argument false))


    

 




 MENGURUTKAN DATA

Data yang sudah diketik pada sebuah tabel dapat diurutkan guna memudahkan saat mencari atau memperbaiki data. Ada dua model pengurutan data yaitu :
1. Urutan data dari data terkecil ke data terbesar atau urutan data menaik (Sequential Ascending) Contoh : 1,2,3,4,5 atau a,b,c,d,e,
2. Urutan data dari data terbesar ke data terkecil atau urutan data menurun (Sequential Descending). Contoh : 5,4,3,2,1 atau e,d,c,b,a
Sebelum melakukan pengurutan data dalam sebuah tabel, terlebih dulu ditetapkan kolom atau baris data yang menjadi kunci pengurutan (sort key). Kunci pengurutan terdiri dari Primary key (urutan utama) atau pada Ms Excel disebut Sort by dan dapat ditambahkan dengan Secondary key (urutan kedua ) atau Than by.
Langkah kerja mengurutkan data :
1. Block range tabel  data  kecuali judul.
2. Data
3. Sort
4. Option
5. Pilih Pengurutan sesuai dengan susunan data dalam tabel
    Kalau tabel disusun vertikal maka pilih :
    Sort Top to Bottom.
     Kalau tabel disusun horizontal maka pilih :
     Sort Left to right.
6.   Ok.
7.   Tentukan kolom/baris data yang menjadi kunci utama pengurutan (primary key) pada Sort by
8.   Tentukan arah urutan pada Order (kalau diperlukan)
9.   Kalau menggunakan Secondary key maka pilih Add leveldan tentukan pada Than by
10. Ok
Maka tabel data telah terurut kolom/baris data yang menjadi kunci utama pengurutan.


 FUNGSI PEMBACA TABEL
VLOOKUP DAN HLOOKUP

Kedua fungsi ini digunakan untuk mencari suatu data dalam sebuah tabel data, guna disalin atau digunakan dalam rumus diposisi pointer. Fungsi Vlookup digunakan pada tabel data yang disusun secara vertikal. Sedangkan fungsi Hlookup digunakan pada data tabel yang disusun secara horizontal.
     = Vlookup (Data penghubung ; Range tabel ; Nomorkolom)
     = Hlookup (Data penghubung ; Range tabel ; Nomorbaris)
Data penghubung merupakan data yang terdapat di kedua tabel. Dapat dianggap sebagai keterangan data yang akan dicari. Biasanya data ini diletakkan pada kolom paling kiiri atau kolom pertama tabel data yang disusun verticalsedangkan pada tabel  horizontal biasanya diletakkan pada baris paling atas atau baris pertama.
Range tabel merupakan alamat range tabel data.Alamat range tabel  ini harus ditulis dengan alamat cell absolut supaya tidak mengalami perubahan  alamat range ketika rumus atau fungsi di copy pada cell yang lain.
Nomor kolom atau nomor baris merupakan  nomor kolom data atau nomor baris data ke beberapa dalam range tabel data yang ingin di cari atau disalin .
Sebelum menggunakan fungsi  Vlookup atau fungsi Hlookup ini terlebih dahulu range tabel data diurutkan supaya hasilnya benar-benar sesuai.

Praktek XII :   Tabel Transaksi penjualan


FUNGSI KEUANGAN

1.  =PMT(Bunga; N Periode; Hutang)
     Untuk menghitung berapa besar angsuran yang harus dibayar perperiode, untuk melunasi sejumlah hutang beserta bunga,sebanyak N periode tertentu.
     Misalnya :
      SI A memiliki hutang  Rp. 500.000,- kepada  si B. Hutang tersebut dikenakan bunga 2 %  perbulan. Berapa besar angsuran si A jika hutang  tersebut dicicil selama 15 bulan. 

      Jawaban :
      Diketahui
-          ­Hutang si A =Rp.500.000,-
-          Bunga hutang si A=2 % / bulan
Ditanya
       Berapa besar angsuran per bulan
Penyelesaian
=PMT (2%,15,500000)
Praktek XIII :   Tabel Penjualan Kredit

2.   =SLN (Modal;Residu;Umur)
Untuk menghitung besar biaya penyusutan yang harus disediakan oleh perusahaan untuk menggantikan barang-barang atau alat–alat yang memiliki masa pakai terbatas. Fungsi ini melakukan perhitungan biaya penyusutan dengan metode garis lurus sehinnga besar penyusutan sama untuk semua periode.

3.   =DBB(Modal;Residu;Umur;Periode)
Untuk menghitung besar biaya  penyusutan dengan metode saldo menurun ganda. Metode ini menghasilkan besar biaya penyusutan yang berbeda-beda untuk masing-masing periode.Periode awal lebih besar dan semakin lama semakinmenurun, sehinggafungsi DDB sering digunakan untuk menghitung biaya penyusutan mesin-mesin produksi dengan omzet perusahaan besar.

4.   =SYD(Modal;Residu;Umur;Periode)
Untuk menghitung besar biaya  penyusutan dengan metode saldo akhir tahun. Metode ini menghasilkan besar biaya penyusutan yang berbeda-beda untuk masing-masing periode.Periode awal lebih besar dan semakin lama semakinmenurun, sehingga fungsi SYD sering digunakan untuk menghitung biaya penyusutan mesin-mesin produksi dengan omzet perusahaan sedang.

Praktek XIV :   Tabel Penyusutan

5.   =PV(Bunga;N Periode;Angsuran) 




Untuk menghitung nilai uang sekarang, apabila sejumlah uang akan kita terima secara angsuran pada masa akan datang sebanyak N periode. Jadi uang  yang dihitung nilainnya belum ada ditangan saat ini tetapi akan diterima dimasa akan datang.                                                              
6.   =FV (Bunga;NPeriode;Angsuran)
Untuk menghitung nilai uang yang akan terkumpul beserta bungannya dimasa akan datang, bila dari sekarang uang ditabung secara  terus menerus (angsuran) sebanyak N periode.
9.   =IRR(Range)
Fungsi yang menghitung berapa persen bunga yang diperoleh pada sebuah investasi, dengan pengembalian secara angsuran. Modal investasi dan angsuran pengembaiannya disusun dalam satu range.


MEMBUAT GRAFIK


Data-data angka yang sudah diketik pada layar kerja Microsoft Excel, dengan mudah disajikan dalam bentuk grafik.Hal ini bertujuan untuk memudahkan berbagai pihak memahami informasi yang ingin disampaikan.
A.   Langkah kerja membuat grafik :
1. Ketik data sumber grafik.
2. Block range data kecuali judul
3. Insert
4. Pilih Jenis grafik yang ingin dibuat        Column
                                                              Line
                                                              Pie
                                                              Bar
                                                              Area
                                                              Scatter
                                                              Other Charts
5. Pilih salah satu bagian dari jenis grafik yang disukai.
Maka akan tampil grafik dalam bentuk grafik tanpa keterangan.

 B.   Menyempurnakan tampilan grafik
1.   Memberi judul grafik
a.   Aktifkan frame grafik
b.   Layout
c.   Chart Title
d.   Above Chart
e.   Ketik judul utama grafik.
2.   Memberi keterangan di sumbu X
a.   Aktifkan frame grafik
b.   Layout
c.   Axis Titles
d.   Primary Horizontal axis title
e.   Title below axis
f.    Ketik keterangan di sumbu X
3.   Memberi keterangan di sumbu Y
a.   Aktifkan frame grafik
b.   Layout
c.   Axis Titles
d.   Primary Vertical axis title
e.   Vertical axis title
f.    Ketik keterangan di sumbu Y
4.   Menyertakan angka dipuncak grafik
a.   Aktifkan frame grafik
b.   Layout
c.   Data Labels
d.   Outside End
5.   Merobah angka di sumbu Y
a.   Arahkan Pointer mouse pada angka di sumbu Y
b.   Click tombol kanan Mouse
c.   Format Axis
d.   Pada Axis Option pilih Fixed untuk perobahan masing-masing nilai


      Misalnya untuk Maximum angka dirobah menjadi 100
e.   Close
6.   Menukar bentuk grafik
a.   Aktifkan frame grafik
b.   Design
c.   Change Chart Type
d.   Pilih Jenis grafik dan sub jenisnya


FUNGSI DATABASE

1.   =COUNTIF(Databese;Kriteria)
Fungsi yang menghitung berapa banyak data yang sama dengan kriteria terdapat dalam database. Fungsi ini sangat berguna untuk menghitung rekaitulasi seperti berapa banyak berjenis kelamin laki-laki atau jenis kelamin perempuan dalam satu database.
2.   =COUNTBLANK(Database)
Fungsi yang menghitung berapa banyak cell yang kosong dalam satu range Database
3.   ISBLANK(Cell)
Menguji apakah satu Cell kosong atau berisi. Bila Cell kosong maka fungsi ISBLANK menghasilkan nilai Benar, tetapi apabila Cell berisi maka fungsi ISBLANK menghasilkan nilai Salah.



 MENCETAK


A.   Mempersiapkan Printer
1.   Hubungkan kabel data printer dengan CPU
2.   Nyalakan Printer
3.   Masukan Kertas ke dalam Paper Guide
B.   Perintah Pencetakan pada layar Ms Excel
1.   Office Button / File
2.   Print dan Print Preview
3.   Page Setup
3.1. Page
3.2. Pada Paper Size Pilih ukuran kertas yang digunakan. Kalau menggunkan kertas Folio, maka pilih Legal
3.3. Ok
3.4. Margins
3.5. Tentukan ukuran pinggir kertas yang kosong pada
      Top             0.5”                               Bottom              1.5”
      Left             0.5”                               Right                0.5”
      Untuk ukuran Kertas pilihan Legal tetapi ukuran nyata kertas Folio, dengan orientasi kertas Potrait.
      Atau
      Top             0.5”                               Bottom              0.5”
      Left             0.5”                               Right                1.5”
      Untuk ukuran kertas pilihan Legal tetapi ukuran nyata kertas Folio, dengan orientasi Landscape.
3.6. Berikan tanda√ Center on Page – Horizoltali
3.7. Ok
4.   Print
4.1. Tentukan nomor halaman yang di cetak pada Page
4.2. From …….  To …….
4.3. Tentukan berapa rangkap pencetakan pada Copies
4.4. Ok
Maka data yang ada di layar kerja akan tercetak di kertas yang sudah tersedia di printer.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar